Membandingkan All-New Camry Hibrida dengan Bensin
ALL NEW CAMRY
MEDIA INFORMASI – All-New Camry ditawarkan dengan tiga
pilihan varian, terdiri dari 2 bermesin bensin dan satu hibrida. Camry
bensin bermesin 2.5 liter, terdari dari varian G, dibandrol Rp
482.700.000 dan merupakan paling standar. Sedangkan 2.5 V dipatok Rp
510,6 juta (on the road, Jakarta).
Perbedaan
Bandingkan dengan versi hibrida, selisih harganya mencolok. Dengan varian G, mencapai Rp 152,9 juta sedangkan dengan 2.5 V, berselisih Rp 125 juta. Cukup menarik dengan fasilitas yang banyak itu, selisih harga All-New Camry hibrida dengan Prius hanya Rp 25,6 juta (Prius dbandrol Rp 605 juta).
Bandingkan dengan versi hibrida, selisih harganya mencolok. Dengan varian G, mencapai Rp 152,9 juta sedangkan dengan 2.5 V, berselisih Rp 125 juta. Cukup menarik dengan fasilitas yang banyak itu, selisih harga All-New Camry hibrida dengan Prius hanya Rp 25,6 juta (Prius dbandrol Rp 605 juta).
Versi bensin, mesinnya berkapasitas 2,5 liter (sebelumnya 2,4 dan
3,5 liter) dengan dua varian, yaitu tipe G dan V. Sedangkan pasangannya,
hibrida, menggabungkan mesin yang sama dengan motor listrik dan baterai
sebagai penggerak serta sumber tenaga.
Kendati dimensi sama, namun wajah berbeda. All-New Camry bermesin
bensin, grilnya berupa garis-garis harisontal yang dikrom. Sedangkan
varian hibrida, hanya menggunakan satu garis dengan logo Toyota Hybrid
di tengahnya.
Perbedaan lain adalah desain bumper dan rumah lampu kabut. Selanjutnya, di belakang tambahan masing-masing jenis, 2,5 V dan Hybrid. Khusus yang terakhir ditambahkan logo “Hybrid Synergy Drive”.
Perbedaan lain adalah desain bumper dan rumah lampu kabut. Selanjutnya, di belakang tambahan masing-masing jenis, 2,5 V dan Hybrid. Khusus yang terakhir ditambahkan logo “Hybrid Synergy Drive”.
Perbedaan terjadi karena varian hybrid menggunakan dua sumber penggerak, fasilitasnya juga lebih banyak, khusus untuk kenyamanan dan keselamatan. Kalau versi meisn bensin hanya dilengkapi Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA), hibrida ditambah lagi dengan Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRC) dan Hill Assist Control (HAC).
Fitur terakhir ini memudahkan pengemudi mengendalikan mobil nya bergerak maju setelah berhenti di tanjakan.Pengoperasian transmisi Camry bensin dengan hibrida sama. Perbedaan, kalau Camry bensin posisi gigi sampai D5, pada hibrida diganti dengan “B”
Keuntungan yang diperoleh dari versi hibrida, konsumsi bahan bakar yang lebih irit dibandingkan hanya menggunakan mesin. Dengan harga bahan bakar beroktan 92 ke atas semakin mahal, Camry hibrida tentu saja akan menarik untuk jangka panjang. Atau bila frekuensi penggunaan tinggi dan harus pula melewati rute macet. Sayang, sampai saat ini belum ada hasil tes konsumsi bahan bakar kedua Camry ini yang dilakukan dengan metode yang sama. Padahal Camry hibrida lebih berat 150 kg dari bensin.
Fitur yang tak kalah dari Camry hibrida adalah, AC 3 zone,
pengatur jok pengemudi dengan memori, posisi kaca spion luar dengan
memori, pengaturan naik turun dan maju mundur setir juga dengan memori,
sandaran jok belakang dengan setelan terpisah, tombol kontrol untuk
penumpang belakang, jok belakang dengan pemijat (rear seat relaxation
system), tirai otomatis di kaca belakang (sunshade) dan manual pada kaca
samping belakang, kantung udara samping dan kamera parkir.
Perbedaan lain, audio hibrida dilengkapi 8 speaker dan bensin 6
speaker. Lantas lampu depan, hibrida LED dengan proyektor, sedangkan
bensin
menggunakan HID atau xenon.
Spesifikasi
Hybrid
|
2.5 G
|
2.5 V
|
|
Dimensi (mm)
|
|||
Panjang
|
4.825
|
||
Lebar
|
1.825
|
||
Tinggi
|
1.470
|
||
Jarak sumbu roda
|
2.775
|
||
Jarak pijak depan
|
1.575
|
||
Jarak pijak belakang
|
1.560
|
||
Berat kosong (kg)
|
1.625
|
1.475
|
|
Transmisi
|
Otomatis, CVT
|
Otomatis, 6-percepatan, sekuensial
|
|
Tambahan sistem
|
ABS, EBD, BA, ECB-R, VSC, TRC, HAC
|
ABS, EBD, BA
|
|
Ban
|
215/55/R17
|
215/60/R16
|
|
Mesin
|
|||
Tipe
|
2 AR-FXE
|
2AR-FE
|
|
Teknologi
|
Hybrid, IL4, 16-katup, DOHC, VVT-i
|
IL4, 16-katup, DOHC, Dual VVT-i
|
|
Kapasitas (cc)
|
2.494
|
||
Tenaga
|
|||
Mesin PS @rpm
|
156,6 @5.700
|
181 @6.000
|
|
Motor listrik
|
142,7
|
-
|
|
Total (maksimum)
|
205 (mesin dan motor listrik)
|
-
|
|
Torsi
|
|||
Mesin kgm @rpm
|
20,9 @4.800
|
23,3 @4.000
|
|
Motor listrik kgm @rpm
|
27,3
|
-
|
|
Sistem bahan bakar
|
injeksi
|
injeksi
|
|
Kapasitas tangki (liter)
|
65
|
70
|
|
Harga All-New Camry
Tipe
|
Rp (juta)
|
2.5V
|
510,6
|
2.5G
|
482,7
|
2.5 Hybrid
|
635,6
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar