Selasa, 24 April 2012

Lamborghini Urus, SUV Supermewah untuk Harian

Desain depan masih tetap mempertahan ciri khas Aventador

MEDIA INFORMASI, Beijing — Lamborghini kembali menjadi perhatian dunia otomotif. Kali ini dengan mobil konsep terbarunya—saat ini dipamerkan di Auto China (Beijing International Automotive Exhibition) 2012, yaitu SUV supermewah yang diberi nama Urus.

Urus, menurut Lamborghini, dirancang sebagai kendaraan mewah sehari-hari keluarga sekaligus buat “pamer” status. Maklum, tidak semua orang bisa memiliki SUV supermewah ini.

Menurut Lambo, mereka tertarik memproduksi SUV karena penjualan kendaraan jenis ini terus tumbuh di seluruh dunia. Sementara pemilihan empat pintu agar bisa digunakan sebagai kendaraan sehari-hari atau menjadi mobil utama keluarga.

Pasar utama SUV ini adalah Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Rusia, Timur Tengah, dan China dengan produksi tahunan sekitar 3.000 unit.

“Urus adalah wujud masa depan Lamborghini—sebagai model ketiga, SUV ini melengkapi jajaran supersport yang sudah ada,” jelas Stephan Winklemann, Presiden dan CEO of Automobile Lamborghini.

Nama Urus
Nama Urus, menurut Lamborghini, disesuaikan dengan kehebatan SUV ini. Kalau dalam bahasa Indonesia, “urus”’ artinya piara atau rawat. Bagi Lamborghini, urus adalah nama sejenis banteng atau kerbau liar yang juga dikenal dengan Aurochs. Tinggi bahunya mencapai 1,8 meter dan merupakan cikal bakal banteng yang diadu dengan matador di Spanyol. Kekuatan besar Urus dipresentasikan melalui mesin bertenaga 440 kW atau 600 PS.

Spoiler aktif teknologi baru yang diperkenalkan adalah bodi dari serat karbon. Dengan kombinasi tersebut, SUV 4-penumpang dan 4-pintu ini di kelasnya diklaim paling rendah emisinya. Tak kalah menarik, jarak bagian kolong Urus ke permukaan tanah (ground clearance) bisa dinaikturunkan. Dengan demikian, aerodinamika atau penggunaannya bisa disesuaikan dengan kondisi jalan.

Untuk mendukung kehebatan tersebut, dipilih sistem gerak 4x4 permanen alias all-wheel drive. Lainnya adalah spoiler depan dengan ketinggian yang bisa diubah sehingga sudut datang (approach angle). Dengan ini pula rintangan dari depan bisa diatasi dengan mudah.

SUV berdimensi panjang 4,99 meter, lebar 1,99 meter, dan tinggi 1,66 meter ini, kaca depannya dilengkapi dengan reflektor yang mengarah udara mengalir ke belakang. Sedangkan belakang digunakan digunakan spoiler adaptif yang bekerja berdasarkan kecepatan mobil.

Ciri khas desain Urus adalah garis-garis tajam, sama dengan yang diterapkan pada Aventador. Bagian depan dilengkapi dengan udara masuk di kanan dan kiri dengan ukuran besar.

Lampu LED
Teknologi dan desain baru yang lain adalah lampu depan heptagonal atau segitujuh jenis LED. Terdiri diri dari tiga lampu yang menghasilkan cahaya sangat terang. Lampu LED untuk siang hari dirancang berbentuk Y. Sedangkan lampu kabut—juga LED—ditempatkan di bawah saluran isap udara berukuran besar.

Karakteristik lain Urus, kaca samping yang menipis ke belakang. Penampilannya makin sangar dan gagah dengan pelek 24 inci, palang ganda lima dari aluminium.

Kamera ganti spion
Di belakang, Urus dilengkapi dengan difuser dari serat karbon. Cukup menarik, posisi kaca spion samping atau luar kini diganti oleh kamera yang memantau kondisi di belakang kendaraan. Gambar yang ditangkap kamera ditayangkan melalui dua layar TFT yang ditempatkan secara ergonomik di kanan dan kiri kokpit.

Tak ada lagi tongkat transmisi di konsol tengah. Hanya ada shift paddle untuk mengontrol kerja transmisi otomatis yang bekerja melalui kopling ganda (dual-clutch).

Semua fungsi lain seperti indikator, lampu-lampu, dan penghapus kaca depan dioperasikan melalui tombol pada setir. Sedangkan pengemudi mendapatkan informasi dengan mudah melalui layar TFT di belakang setir.

Monitor kedua berfungsi sebagai navigasi, hiburan, dan dioperasikan melalui layar sentuh yang berada di tengah dasbor. Untuk melengkapi kemewahannya, disediakan pula layar sentuh untuk penumpang belakang. Jadi, Urus tidak hanya memberikan kesenangan buat pengemudinya, tetapi juga penumpangnya!